Ads

Thursday 5 November 2015

RUANG LINGKUP AUDIT SUMBER DAYA MANUSIA

pict : www.slideshare.net

AUDIT KOMPATIBILITAS

Audit Sumber Daya Manusia merupakan suatu proses sistematik dan formal untuk mengevaluasi kompatibilitas fungsi Sumber Daya Manusia dengan tujuan dan strategi implementasi berbagai fungsi SDM, kebijakan dan prosedur SDM, serta kinerja setiap program SDM.
Audit Kompatibilitas merupakan ketaatan menilai keselarasan dan konsistensi kebijakan dan prosedur SDM dengan tujuan dan strategi perusahaan mengevaluasi keefektifan dan efisiensi setiap fungsi SDM serta mengukur biaya dan kinerja setiap program dan fungsi MSDM dengan menganalisis tingkatan kepuasan penggunaan pelayanan fungsi SDM melalui pelaksanaan survei sikap karyawan, mengevaluasi penerapan berbagai kebijakan dan prosedur MSDM oleh para manajer lini, dan menentukan ketaatan terhadap peraturan dan regulasi yang berlaku.

Adapun audit sumber daya manusia dapat dilaksanakan dalam berbagai situasi sebagai berikut:

  1. Dirasa perlu oleh manajemen puncak
  2. Suatu kekuatan eksternal yang memaksa suatu tinjauan (perusahaan induk, perusahaan yang mengakuisisi, dewan komisaris, badan pemerintah, dll).
    Seorang manajer baru yang bertanggung jawab atas departemen sumber daya manusia.
  3. Suatu perubahan yang signifikan dalam dunia usaha yang memaksa konsiderasi ulang manajemen sumber daya manusia (sebagai contoh: penurunan bisnis, ekspansi yang gencar, ancaman serikat pekerja, dan perputaran karyawan yang tinggi sekali).
  4. Suatu keinginan spesialis sumber daya manusia untuk meningkatkan praktik dan sistem sumber daya manusia perusahaan.

Audit memberikan suatu perspektif yang komperehensif terhadap praktik yang berlaku sekarang, sumber daya, dan kebijakan manajemen mengenai pengelolaan sumber daya manusia serta menemukan peluang dan strategi untuk mengarahkan ulang peluang dari strategi tersebut. Termasuk di dalamnya adalah asumsi bahwa peluang telah hilang karena tetap bertahan dengan pendekatan sekarang ini, dan proses manajemen sumber daya manusia adalah dinamik dan mestilah secara terus menerus diarahkan ulang agar responsif tehadap kebutuhan

Selanjutnya klik STRATEGI PERENCANAAN DAN PENGADAAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG EFEKTIF

No comments:

Post a Comment