Ads

Sunday, 14 January 2018

Indonesia Terjebak Utang Luar Negeri Dan Solusinya

Mengapa Indonesia terjebak utang luar negeri dan bagaimana solusinya? Melanjutkan pembahasan Utang luar negei dari artikel Utang Luar Negeri Indonesia

3. Indonesia Terjebak Utang Luar Negeri

Kebijakan utang luar negeri masa lalu membawa perekonomian Indonesia pada jebakan utang (debt-trap) yang begitu besar sehingga terus membebani keuangan negara.
Dari segi jumlah utang luar negeri Indonesia seluruhnya adalah sebanyak US $ 99 miliar, yang jika dibandingkan jumlah Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2005 hanya berjumlah US $ 90 miliar, utang luar negeri Indonesia sudah setara dengan 110 persen PDB.

Pada tahun 2005 Indonesia mendapat penangguhan pembayaran utang sebesar Rp.25,1 triliun menyusul terjadinya Tsunami di Aceh. Jumlah cadangan devisa kita sangat sedikit, paling  hanya  dapat membiayai impor selama 3-4 bulan. Utang luar negeri yang berhasil dicairkan pemerintah  setiap tahunnya lebih kecil dari jumlah utang yang seharusnya dibayar pemerintah kepada kreditur. Akibatnya terjadi defisit yang cenderung meningkat. Dampak lebih buruk adalah cadangan devisa terus-menerus terkuras karena digunakan untuk membayar utang luar negeri.

4. Solusi Utang Luar Negeri Indonesia

Setidaknya ada tiga solusi alternatif yang dapat ditempuh untuk mengurangi beban utang luar negeri yang saat ini sedang melilit Indonesia, yaitu :
  1. Penundaan pembayaran angsuran pokok utang (debt rescheduling)
  2. Pengalihan kewajiban membayar angsuran pokok utang menjadi kewajiban melaksanakan suatu program tertentu (debt swap)
  3. Pengurangan pokok utang melalui suatu mekanisme yang dikenal sebagai Inisiatif untuk negara-negara miskin yang terjebak utang (HIPC Inisiative)

Dari ketiga alternatif solusi  tersebut, pemerintah Indonesia baru memanfaatkan alternatif yang pertama. Di beberapa negara seperti Argentina dan Meksiko utang luar negeri diselesaikan dengan cara yang lebih revolusioner. Mereka tidak meminta penjadwalan ulang tetapi pemotongan utang (haircut).

No comments:

Post a comment