Ads

Thursday 24 December 2015

Enam (6) Prinsip Strategi Perusahaan Menjadi Hidup dan Sukses DalamEkonomi Global


Menurut Anthony, Kacmar, dan Perrewe (2002), ada enam prinsip yang dapat digunakan untuk membuat strategi perusahaan menjadi hidup dan sukses dalam ekonomi global. Keenam prinsip tersebut sebagai berikut.

  1. Bangunlah organisasi yang cair dan dinamis, sehingga menjadi relatif mudah untuk merespon perubahan-perubahan dan peluang yang muncul. Artinya, baik orang maupun struktur harus mudah beradaptasi dengan perubahan lingkungan.
  2. Ciptakan mekanisme untuk merespon perubahan secara revolusioner daripada hanya perubahan secara rutin.
  3. Pertahankan spesialisasi minimum dan tekankan pada kemampuan untuk dapat saling dipertukarkan.
  4. Buatlah pola „pemain‟ terbaik tanpa memperhatikan keahlian mereka. Jika kita mengangkat „pemain‟ terbaik maka mereka dapat belajar apa saja yang kita inginkan dan akan menjadi alat untuk membantu mencapai butir 3 (tiga) di atas.
  5. Kembangkan dari dalam, tetapi stimulasi dari luar. Oleh karena kita mengangkat pemain terbaik, maka tidak ada alasan untuk mengisi posisi dari luar. Meskipun begitu, disarankan bahwa ide-ide baru dimasukkan ke dalam organisasi melalui pengangkatan konsultan atau pekerja temporer.
  6. Berikan dorongan terhadap setiap orang untuk mengambil tanggung jawab tugas/pekerjaan apa saja secara penuh. Dorong para manajer mengembangkan bakat para karyawannya. Dorong para karyawan untuk membuat keputusan dan bekerja mengikuti keputusan tersebut.

No comments:

Post a Comment