Ads

Thursday 24 December 2015

BAGAIMAN MANAJEMEN SDM DI MASA MENDATANG?


Untuk menghadapi tantangan di masa mendatang, departemen SDM di masa mendatang harus lebih canggih dibanding sebelumnya. Di masa mendatang para manajer SDM harus bekerja keras mengatasi anggapan negatif dan bias yang dikaitkan dengan manajemen SDM.

Hal itu dapat dilakukan dalam beberapa cara. Pertama, manajer SDM harus menjadi pebisnis yang profesional. Di samping berbasis disiplin ilmu yang profesional, mereka perlu pemahaman mengenai kompleksitas bisnis perusahaan.

  1. Walter Trosin (dalam Byars dan Rue, 1997), menyampaikan nasihat untuk membantu manajer SDM agar menjadi lebih akrab dengan bisnis organisasinya yaitu sebagai berikut.
    Manajer SDM harus mengenali strategi dan rencana bisnis perusahaan;
  2. Manajer SDM harus mengenali industri perusahaan;
  3. Manajer SDM harus memberikan dukungan terhadap kebutuhan bisnis;
  4. Manajer SDM harus menyediakan waktu lebih banyak untuk dapat bersama-sama dengan karyawannya;
  5. Manajer SDM harus mempertahankan kemahirannya terhadap permasalahan organisasi.

Pemahaman secara keseluruhan terhadap bisnis organisasi akan membantu mengatasi anggapan umum bahwa orang-orang di departemen SDM tidak mengerti masalah operasi dan isu-isu yang dihadapi oleh organisasi. Kedua, manajer SDM harus memiliki pengetahuan yang baik tentang tren dan isu yang berkembang pada saat ini dan di masa mendatang. Ini akan dapat membantu mereka untuk menjaga agar tidak terpikat oleh mode-mode yang telah usang dan teknik-teknik yang tidak efektif. Ketiga, manajer SDM harus meningkatkan keefektifan pemanfaatan sumber daya manusia di dalam organisasi. Manajer SDM harus menekankan pentingnya peningkatan keuntungan melalui penggunaan SDM organisasi secara efektif daripada menggunakan pendekatan moralistik saat berhadapan dengan manajer operasi. Pada sisi ini, manajer SDM harus belajar menjadi proaktif dan menangkap peluang untuk menunjukkan bagaimana mereka dapat memengaruhi karyawan garis bawah secara positif.

No comments:

Post a Comment