Ads

Thursday, 4 January 2018

Contoh Soal UAS Manajemen SDM


Contoh soal Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) ini belum ada pembahasannya. Yuk bahas bareng.

  1. Perencanaan karir merupakan proses menentukan tujuan karir dan jalur untuk mencapai tujuan tersebut sedangkan pengembangan karir mencakup peningkatan kemampuan seseorang agar dapat mewujudkan rencana karirnya.
    1. Manfaat apa saja pengembangan karir bagi perusahaan? Jelaskan!
    2. Jelaskan tahap-tahap perencanaan karir organisasional!
    3. Jelaskan jalur-jalur karir yang saudara ketahui! Apa manfaat yang diperoleh oleh karyawan!

  2. Manajemen kinerja adalah proses berorientasi tujuan yang diarahkan untuk memastikan bahwa proses-proses organisasi ada pada tempatnya guna memaksimalkan produktivitas para karyawan, tim, dan akhirnya organisasi itu sendiri.
    1. Jelaskan manfaat penilaian kinerja, jenis-jenis penilaian kinerja, serta syarat-syarat penilaian kinerja!
    2. Sebutkan dan jelaskan metode-metode penilaian kinerja yang saudara ketahui!
    3. Bagaimana hubungannya antara hasil penilaian kinerja dengan pengembangan karir? Jelaskan!

  3. Tujuan umum pemberian kompensasi adalah untuk menarik, mempertahankan, dan memotivasi para karyawan.
    1. Jelaskan pengelompokan kompensasi yang saudara ketahui!
    2. Jelaskan dengan bantuan bagan komponen program kompensasi total!
    3. Ketika bagaimana pemberian kompensasi dikatakan adil secara internal dan kempetitif secara eksternal? Jelaskan cara pengukurannya!

  4. Keselamatan kerja merupakan suatu kondisi di mana para karyawan terlindungi dari cedera yang disebabkan oleh berbagai kecelakaan yang berhubungan dengan pekerjaan, sedangkan kesehatan kerja adalah sebuah kondisi di mana para karyawan terbebas dari berbagai penyakit fisik dan emosional yang disebabkan oleh pekerjaan.
    1. Mengapa perusahaan menganggap perlu melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja? Jelaskan!
    2. Bagaimana seandainya anda menghadapi karyawan yang mengalami stres? Jelaskan!
    3. Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan stres? Jelaskan!

  5. Pasca reformasi, negara kita masih dihadapkan pada persoalan-persoalan yang belum dapat terpecahkan, diantaranya persoalan buruh. Buruh masih terus dihadapkan pada persoalan krusial, baik dalam konteks eksternal relasi buruh dengan pemerintah dan pengusaha, maupun problem internal sekitar mutu Sumber Daya Manusia. Kaum buruh di Indonesia memang memiliki kebebasan berserikat, tetapi konflik relasi industrial perburuhan juga meningkat. Jelaskan jenis konflik apa saja yang terjadi mengenai buruh sekarang ini!
    1. Coba saudara analisis secara triparti mengenai konflik buruh tersebut!
    2. Bagaimana menurut pendapat saudara tentang penetapan upah minimum yang berlakukan saat ini? Jelaskan!

  6. Manusia dengan berbagai keahlian dan kemampuan yang dimilikinya, sangat dibutuhkan dalam pencapaian tujuan organisasi. Kemampuan yang dimilki oleh karyawan, sebagai sumber daya manusia menempati urutan paling tinggi, sebagai sumber pembelajaran organisasi, yang memungkinkan organisasi dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan berkompetisi dengan organisasi lainnya. Dengan terjadinya perubahan lingkungan, baik internal maupun eksternal, akan sangat berpengaruh kepada tatanan organisasi, juga terhadap kinerja karyawan. Kondisi demikian tentunya menjadi tanggung jawab para pemangku kebijakan untuk mengatasi perubahan tersebut dalam organisasi, sehingga keadaan organisasi bisa kondusif. Ada tiga sumber yang dapat meningkatkan kemampuan organisasi untuk melakukan pembelajaran dan pertumbuhan dalam menghadapi perubahan lingkungan.
    1. Saudara deskripsikan contoh konkrit fenomena yang terjadi di perusahaan, lembaga pemerintahan, lembaga keuangan, lembaga legislatif, dan juga pada lembaga pendidikan.
    2. Saudara jelaskan tiga sumber tersebut.
    3. Berikan contoh konkrit strategi yang sudah dilakukan dalam mengatasi perubahan lingkungan, pada lembaga saudara.

Contoh soal Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) ini semoga mampu merangsang daya pikir dan meningkatkan kemampuan kita dalam mengembangkan dan menyelesaikan permasalahan, baik di kehidupan bisnis maupun dalam menghadapi Ujian Ahir Semester maupun Tugas Ahir Program (TAP).

4 comments: