Ads

Saturday, 13 January 2018

SISI GELAP KEHIDUPAN ENTREPRENEUR

Setelah memahami Karakteristik Entrepreneur Selanjutnya pembahasan sisi lain dari Enterpreneur, yaitu
SISI GELAP KEHIDUPAN ENTREPRENEUR


Sisi gelap dalam kehidupan para Entrepreneur ini terjadi karena dorongan yang kuat dan penuh energi dari para Entrepreneur dalam menjalankan usahanya. Ternyata juga membawa akibat yang sifatnya merusak.
Dalam mempelajari dua sisi dari kehidupan Entrepreneur ini Manfred Kets de Vries menunjukkan keberadaan faktor-faktor negatif yang bisa mempengaruhi perilaku para Entrepreneur. Penting bagi para Entrepreneur untuk memahami faktor-faktor negatif ini.
  • Entrepreneur berhadapan dengan Resiko (resiko financial, resiko karir, resiko keluarga dan social, resiko kejiwaan)
  • Stress dan Entrepreneur (stress sering dianggap sebagai akibat dari kesenjangan antara harapan dan tingkat kemampuan seseorang tersebut untuk  memenuhi permintaan. Jika seseorang tidak mampu memenuhi tuntutan perannya maka terjadi stress. Stress juga bisa muncul karena corak kepribadian Entrepreneur
       Sumber Stress: 
Boyd dan Gumpert menemukan 4 (empat) penyebab munculnya stress di kalangan Etrepreneur, yaitu 
(1) kesepian, 
(2) tenggelam dalam pekerjaan, 
(3) permasalahan sumber daya manusia, dan 
(4) keinginan untuk berhasil.

  • Menghadapi Stress
Teknik-teknik klasik untuk mengurangi stress seperti meditasi, relaksasi otot, berolah-raga secara rutin, memang membantu mengurangi stress. Boyd dan Gumpert justru mengusulkan agar Entrepreneur mencoba memperjelas penyebab stress yang mereka hadapi. Jika penyebab stress bisa teridentifikasi, Entrepreneur bisa memerangi stress dengan cara (1) menyadari keberadaan stress, (2) mengembangkan cara atau mekanisme untuk mengatasi stress, dan (3) mencoba mendalami adanya keinginan-keinginan pribadi yang tidak disadari.
Berikut ini disajikan cara-cara untuk mengurangi stress.
  • Mengembangkan jejaring sesama pengusaha
  • Liburan
  • Berkomunikasi dengan karyawan
  • Mencari kepuasan di luar perusahaan
  • Melakukan pendelegasian
Ego Entrepreneur
Berikut ini terdapat empat jenis karakteristik yang berpotensi merusak para Entrepreneur (keinginan yang berlebihan untuk mengontrol, rasa tidak percaya, keinginan berlebihan untuk terlihat sukses, optimisme yang berlebihan).

No comments:

Post a comment