Ads

Friday, 12 January 2018

Manfaat Perencanaan SDM

Apa manfaat perencanaan Sumber Daya Manusia? 

Pict: slideshare

Perencanaan SDM dapat bermanfaat untuk:
  1. Meningkatkan pendayagunaan SDM guna memberi kontribusi terbaik.
  2. Menyelaraskan aktivitas SDM dengan sasaran organisasi agar setiap pegawai/tenaga kerja dapat mengotimalkan potensi dan ketrampilannya guna meningkatkan kinerja organisasi.
  3. Penghematan tenaga,biaya, waktu yang diperlukan ,sehingga dapat meningkatkan efisiensi guna kesejahteraanpegawai/karyawan (Nawawi, 1997).

Tahapan perencanaan SDM menurut Jackson dan Schuler (1990), perencanaan sumber daya manusia yang tepat membutuhkan langkah-langkah tertentu berkaitan dengan aktivitas perencanaan sumber daya manusia menuju organisasi modern. Langkah-langkah tersebut meliputi:
  1. Pengumpulan dan analisis data untuk meramalkan permintaan maupun persediaan sumber daya manusia yang diekspektasikan bagi perencanaan bisnis masa depan.
  2. Mengembangkan tujuan perencanaan sumber daya manusia.
  3. Merancang dan mengimplementasikan program-program yang dapat memudahkan organisasi untuk pencapaian tujuan perencanaan sumber daya manusia.
  4. Mengawasi dan mengevaluasi program-program yang berjalan.

Keempat tahap tersebut dapat diimplementasikan pada pencapaian tujuan jangka pendek (kurang dari satu tahun), menengah (dua sampai tiga tahun), maupun jangka panjang (lebih dari tiga tahun). Rothwell (1995) menawarkan suatu teknik perencanaan sumber daya manusia yang meliputi tahap:
  1. investigasi baik pada lingkungan eksternal, internal, organisasional
  2. forecasting atau peramalan atas ketersediaan supply dan demand sumber daya manusia saat ini dan masa depan
  3. perencanaan bagi rekrumen, pelatihan, promosi, dan lain-lain
  4. utilasi, yang ditujukan bagi manpower dan kemudian memberikan feedback bagi proses awal.

No comments:

Post a comment