Ads

Monday, 14 May 2012

Entrepreneur, Arti dan Mitos Wirausaha


Kata “entrepreneur” (entrepreneurship diterjemahkan menjadi kewirausahaan), sedangkan entrepreneur diterjemahkan menjadi wirausahawan).


Berasal dari kata bahasa Perancis “entreprendre” yang berarti ”melakukan” atau ”melaksanakan”. Wirausahawan adalah seseorang yang mengorganisasikan, mengelola, dan menanggung resiko sebuah usaha.

Definisi kewirausahaan menurut Ronstadt sebagai berikut :

Kewirausahaan merupakan proses dinamis dalam peningkatan kemakmuran. Kemakmuran diciptakan oleh pihak yang harus menanggung resiko terbesar dalam hal aset, waktu, ataupun karir dengan cara memberikan nilai dari sejumlah produk ataupun jasa. Produk atau jasa yang diusahakan tidak harus baru atau unik, tetapi bisa dibuat menjadi lebih bernilai oleh para wirausahawan melalui keterampilan dan berbagai sumber yang mereka miliki.


MITOS MENGENAI KEWIRAUSAHAAN

Di masyarakat telah muncul berbagai mitos kewirausahaan.  Sebagian pihak berpendapat bahwa berbagai mitos ini muncul karena kurangnya penelitian mengenai kewirausahaan. Para peneliti kewirausahaan tentunya bisa merasakan bahwa bidang ini masih terus berkembang, sehingga memang banyak mitos yang masih menjadi kepercayaan masyarakat karena belum ”tergusur” oleh hasil penelitian ilmiah yang membantah kebenaran kepercayaan semacam itu. Berikut ini disajikan mitos yang paling sering muncul di masyarakat mengenai kewirausahaan:

  1. Wirausahawan merupakan orang yang cenderung bertindak dan bukan pemikir
  2. Kewirausahaan merupakan bakat yang dibawa seseorang sejak lahir
  3. Wirausahawan mesti merupakan penemu hal baru (inventor)
  4. Wirausahawan cenderung gagal di sekolah maupun dalam pergaulan sosial
  5. Wirausahawan dipandang memiliki  ciri-ciri tertentu
  6. Wirausahawan hanya tertarik pada uang
  7. Keberhasilan wirausahawan tergantung pada nasib baik atau kemujuran
  8. Ketidaktahuan merupakan berkah bagi wirausahawan
  9. Lebih banyak wirausahawan yang gagal daripada yang berhasil
  10. Wirausahawan adalah pengusaha bersifat untung-untungan

Pembahasan selanjutnya tentang pandangan mikro dan makro Enterpreneur klik Pendekatan Makro dan Mikro dalam Pemikiran mengenai Kewirausahaan

No comments:

Post a comment