Ads

Monday 14 May 2012

KARAKTERISTIK PRODUK/JASA YANG SESUAI UNTUK USAHA KECIL

Pict: slideplayer
Persyaratan sukses Usaha Kecil di lapangan adalah kesesuaian, antara:


  1. Jenis dan corak Produk atau Jasa yang dihasilkan oleh Usaha Kecil dengan corak Pasar yang membutuhkan produk atau jasa tersebut.

  2. Pasangan Produk atau Jasa dengan pasarnya terhadap corak dari pengusaha, yaitu terhadap corak dan keterbatasan kemampuan diri si pengusaha maupun perusahaannya.

Silakan baca Kasus Roti Bakar pada modul 3 (Buku panduan UT Manajemen) 

Kasus ini memberikan penjelasan bahwa pasar Roti Bakar menjadi jenuh karena produk semacam itu terlalu mudah ditiru, atau dengan perkataan lain, memiliki “ambang
teknologi” yang terlalu terlalu rendah. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan berikut :

  1. Salah satu sifat atau karakteristik produk (ataupun jasa) adalah “tingkat kesulitan untuk menghasilkannya”, atau ambang teknologinya.
  2. Setiap jenis produk (ataupun jasa) memiliki sifat atau karakteristiknya masing-masing, dan seperti telah dijelaskan melalui Kasus Roti Bakar, terdapat sifat atau karakteristik produk dan jasa yang menyebabkannya tidak sesuai untuk diusahakan oleh Usaha Kecil
  3. Perlu ditemukan keseluruhan aspek yang merupakan sifat atrau karakteristik suatu jenis produk ataupun jasa, kemudian perlu diperiksa kesesuaian karakteristik tersebut untuk dijalankan oleh Usaha Kecil

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setiap jenis produk ataupun jasa memiliki ciri atau karakteristik tertentu, dan perlu dipelajari ciri atau karakteristik produk atau jasa yang menyebabkannya menjadi lebih sesuai untuk diusahakan oleh Usaha Kecil.

Sepuluh faktor yang favorabel bagi perusahaan industri kecil terdiri dari faktor-faktor sebagai berikut :

  1. Hubungan antara aspek fisik dengan aspek engineering
  2. Produk yang memerlukan tingkat keterampilan dan ketelitian yang tinggi
  3. Produk massal komponen-komponen khusus, atau produk akhir yang bersifat  khusus
  4. Produk yang dibuat dalam jumlah kecil
  5. Produk yang dipengaruhi oleh lokasi dan ongkos transportasi
  6. Produk dengan desain khusus, atau produk yang memerlukan inovasi tinggi
  7. Hubungan yang dekat antar personil dalam industri kecil
  8. Fleksibilitas operasi dan ongkos tak langsung yang rendah
  9. Pelayanan yang lebih baik
  10. Respon yang cepat terhadap perkembangan/perubahan

Enam faktor pertama berkaitan dengan ciri-ciri atau karakteristik produk yang dihasilkan oleh perusahaan industri ukuran kecil, sedang empat faktor sisanya berkaitan dengan dinamika perusahaan industri kecil dalam menjalankan kegiatannya.

Keterangan lebih lengkap mengenai keseluruhan faktor-faktor tersebut Anda dapat membacanya pada modul 3.

Pengaruh Lokasi, Proses, dan Pasar terhadap

Kesesuaian Jenis Produk/Jasa bagi Industri Kecil
1.Industri Kecil yang dipengaruhi Lokasi
  1. Industri yang memproses bahan baku yang menyebar (dispersed)
  2. Produk yang hanya mempunyai pasar lokal terbatas dengan ongkos angkut/transport produk relatif tinggi
  3. Industri Jasa

2. Industri Kecil yang dipengaruhi Proses
  • Proses manufaktur yang bisa dipisah
  • Industri Craft atau Industri Presisi
  • Asembling sederhana, proses pencampuran (mixing), dan proses finishing
3. Industri kecil yang dipengaruhi Pasar
  • Produk yang beragam (differentiated), yang masing-masing hanya  mempunyai skala ekonomis yang rendah
  • Industri yang melayani pasar ukuran kecil

Gagasan tentang produk atau jasa baru yang sesuai bagi usaha kecil

dicoba ditemukan melalui penelaahan terhadap beberapa aspek. 

Aspek-aspek apakah yang dimaksud???  Coba Anda pelajari modul 3 KB1 (Buku Panduan UT) 

Perusahaan berukuran kecil perlu memperhatikan adanya dua sisi yang harus dihindari, sehingga seakan-akan terdapat semacam “koridor” yang merupakan tempat yang lebih sesuai bagi usaha kecil. Koridor tersebut sangat dipengaruhi oleh besarnya permintaan pasar, sebagai berikut :
jika permintaan pasar kuat, maka yang sesuai untuk tumbuh melayani pasar yang kuat itu adalah usaha ukuran menengah dan ukuran besar.


  • jika permintaan pasar lemah, maka akan tumbuh usaha yang berukuran sangat kecil, walaupun kemudian usaha semacam ini biasanya tidak akan mampu bertahan lama karena permintaan pasar tidak cukup kuat untuk mendukung usaha sangat kecil tersebut untuk bertahan hidup (survive)
  • koridor yang sesuai bagi usaha kecil terjadi apabila kekuatan permintaan pasar berukuran sedang apabila dalam koridor pasar :

  1. lemah, maka akan tumbuh usaha kecil dalam jumlah yang terbatas
  2. cukup kuat, maka akan tumbuh usaha kecil dalam jumlah yang besar membentuk kumpulan

INSTRUMEN ABCDE

Ketepatan memilih produk atau jasa yang sesuai (layak) untuk diusahakan oleh usaha kecil merupakan hal yang rawan dan perlu dilakukan berhati-hati agar usaha kecil yang hendak dijalankan bisa  memiliki peluang untuk meraih keberhasilan.

Sepuluh faktor yang mampu mendorong industri kecil untuk mencapai keberhasilan yang ditemukan dalam penelitian Staley dan Morse , tempat untuk menemukan jenis produk ataupun jasa yang sesuai bagi usaha kecil yang diusulkan oleh Dible, dan berbagai pengamatan yang dijumpai di lapangan digunakan untuk merumuskan alat yang lebih mudah digunakan dalam memeriksa kesesuaian suatu jenis produk ataupun jasa bagi usaha berukuran kecil. Alat ini dinamakan Instrumen ABCDE karena menggunakanlimajenis kriteria sebagai berikut :

Suatu jenis produk atau jasa sesuai untuk diusahakan oleh usaha kecil apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :

A. Produk atau Jasa dengan permintaan terbatas atau bersifat khusus

Permintaan pasar terhadap produk atau jasa rendah karena tingkat kebutuhan berada dalam skala yang rendah, atau karena permintaan pasar memiliki derajat customization yang tinggi (bervariasi) sesuai keinginan atau kebutuhan konsumen sehingga untuk setiap variasi tingkat permintaan menjadi rendah, atau karena ongkos angkut produk jadi yang relatif tinggi sehingga akan dijumpai kesulitan apabila melayani daerah yang luas

B. Produk atau Jasa dengan sumber bahan yang memiliki karakteristik khusus
Bahanbaku, bahan pembantu, dan berbagai bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk atau jasa memiliki keterbatasan tertentu karena : volume persediaan terbatas, lokasi tersebar, sulit dipindahkan, ongkos angkut mahal, atau memerlukan proses-proses tambahan sebelum dapat diproses lebih lanjut

C. Produk atau Jasa dengan struktur ongkos tertentu

Produk atau jasa bisa dihasilkan dengan ongkos tetap yang rendah, dan karena sifat proses produksi yang digunakan maka ongkos produksi per unit untuk menghasilkan produk atau jasa relatif tetap dan tidak dipengaruhi oleh volume produksi

D. Produk atau Jasa dengan ambang teknologi yang cukup tinggi

Produk atau jasa memiliki sifat proses produksi berikut : hanya bisa dihasilkan melalui proses produksi yang memiliki tingkat teknologi yang cukup tinggi sehingga tidak mudah dikuasai oleh masyarakat awam, atau proses produksi bersifat fleksibel, atau proses produksi dapat dipecah-pecah

E. Produk atau Jasa dipengaruhi oleh hubungan yang erat antara aspek manusia dan produk

Nilai produk atau jasa dipengaruhi oleh mutu aspek manusia yang menghasilkannya, seperti tingkat keterampilan, tingkat ketelitian,  kreatifitas, cita-rasa

Contoh Penggunaan Instrumen ABCDE

Beberapa contoh penggunaan Instrumen ABCDE untuk  memeriksa kesesuaian jenis produk atau jasa tertentu bagi usaha kecil dapat Anda pelajari pada bagian akhir modul 3 (Buku Panduan dari UT).

Huruf yang dilingkari pada setiap jenis produk atau jasa menunjukkan kriteria yang sesuai terhadap sifat-sifat usaha kecil.

2 comments:

  1. kurang lengkap, mengenai definisi corak pasar, corak pengusaha dan corak produk

    ReplyDelete
  2. modul 3 nya dimana? kurang lengkap nih artikelnya :)

    ReplyDelete